Manfaat Permainan Bola Bagi Si Kecil

9939533-adorable-baby-playing-with-a-colorful-beach-ball-isolated-on-whiteTahukah bunda pintar…

Bahwa dunia anak-anak adalah dunia bermain, bagi anak-anak, setiap saat adalah “bermain”. Segala benda yang ada di sekitarnya dapat dijadikan permainan bagi si kecil ini, termasuk bola. Si bundar ini ternyata dapat menjadi permainan yang sangat mengasyikkan bagi si kecil yang masih berusia balita. Selain mengasyikan dan menggembirakan bagi si kecil. Permainan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan membantu perkembangan Psikomotorik si kecil, berikut manfaat-manfaat permain bola bagi si kecil:

  • Memperkuat otot tangan

Melambung-lambungkan, melempar, dan menangkap bola akan melatih kekuatan oto tangan si kecil.

  • Melatih keseimbangan dan koordinasi mata dan kaki

Dapat melatih keseimbangan dan koordinasi mata dan kaki, yaitu dengan bertumpu pada salah satu kaki, kaki satu diangkat & diayunkan kea rah bola yg tertuju ke teman dan gawang lawan.

  • Melatih fungsi  jari dan tangan 

gerakan saat si kecil memegang bola dapat menstimulasi kemampuan menggenggam melatih fungsi-fungsi jemarinya, dan juga koordinasi kedua tangan

  • Memperkuat otot kaki

Otot-otot kaki si kecil akan terlatih ketika ia berlari mengejar bola, menendang bola atau melompat ketika hendak menangkap bola yang dilambungkannya ke arahnya. Di usia yang lebih besar, balita akan mulai belajar menggiring bola. Karena keterampilan ini cukup rumit, maka kekuatan otot kaki dapat diandalkan agar dapat bergerak cepat. Si kecil akan lebih mudah jatuh jika ia tidak pandai menjaga keseimbangan.

  • Melatih konsentrasi dan daya fokus

Si kecil akan belajar memusatkan konsentrasinya saat ia berusaha menangkap bola, melempar bola agar tepat mengenai sasaran, atau menendang bola agar masuk ke dalam gawang. Selain itu ancang-ancang yang dilakukan si kecil juga melatih daya fokusnya terhadap posisi bola, agar dapat menendang atau melempar bola tanpa melesat.

*Diambil dari berbagai sumber

Leave a comment